Minggu, 15 Januari 2012

-Pajak Progresif-Balik nama kendaraan bermotor untuk area jawa barat "DIGRATISKAN"

Kabar gembira buat pemilik kendaraan bermotor baik R2 maupun R4 yg berdomisili di lingkup dispenda jawa barat karena pertanggal 2 januari-30 juni 2012 dispenda jawa barat akan membebaskan biaya balik nama/bbn untuk kendaraan R2/R4

Berikut screen shoot pengumumannya di samsat depok:

[imagetag]

Berikut biaya tambahan resmi untuk bbn kendaraan sesuai PP no.50 th.2010:

[imagetag]

Jadi sekarang waktunya buat balik nama kendaraan agan2 semua terutama buat yg berdomisili di area dispenda jawa barat & buat yg menjual kendaraanya ke orang lain kalo bisa gak usah dikasih pinjam KTP karena nanti kita akan dikenakan pajak progresif

Berikut tata cara balik nama yg hemat & mudah (contoh yg udah ane praktekin di samsat depok-jawa barat):

1.Datanglah ke samsat bersama kendaraan yg akan di balik nama, sampai samsat janganlah agan banyak bertanya di pintu masuk karena disitulah banyak calo2 berkeliaran (langsung masuk aja gan nyelonong & jangan lupa ambil karcis parkir yah :D)

2.Langsung saja menuju area cek fisik kendaraan & tunjukan berkas agan STNK & BPKB asli ke petugas & minta langsung digesek2 kendaraan anda (disini GRATIS gan, yah kalo mau kasih cukup 10rb lah asal ikhlas kalo ngak pun ngak apa2 gan)

3.Selesai gesek2 parkirkanlah kendaraan agan diarea parkir yg tersedia di dalam area samsat,pastikan terkunci dengan rapih yah gan

4.Menuju area fotocopy berkas di bagian belakang samsat,serahkan saja BPKB,STNK,KTP asli yg akan dibalik nama & siapkan kwitansi+materai jual beli kendaraan yg akan dibalik nama (biasanya biaya sekitar 10 rb-an sudah termasuk map & si tukang fotocopy sudah paham betul susunan berkas yg dibutuhkan,jd agan terima beres saja)

5.Lengkap berkas silahkan agan menuju ke loket cek fisik (kalo di samsat depok posisinya di samping loket pengambilan plat no)…silahkan agan serahkan berkasnya ke loket (maksimal 30-45 menit berkas beres gan asal motor gak bermasalah)

6.Selesai dr loket cek fisik silahkan agan menuju loket pendaftaran BBN,mutasi,ganti warna,dsb…serahkan berkas dalam map ke petugas gan (kalo kata temen ane sih selipin ajah duit 30-50rb biar lebih cepet)

7.Selesai dari loket pendaftaran agan tinggal tunggu ajah sampai nama agan dipanggil oleh pihak kasir,untuk melakukan pembayaran. Kalo udah dipanggil agan silahkan menuju kasir BJB untuk membayar pajak kendaraan+SWDKLLJ sebesar 35rb (buat R2)+biaya adm STNK sebesar 50rb (R2)+biaya adm TNKB sebesar 30rb(R2)+denda kalo agan telat yah….biasanya sih buat sepeda motor yg umum2 ajah sekitar 290rb-an abis totalnya gan :D

8. Setelah membayar dikasir BJB akan mendapatkan semacam kwitansi pembayaran & no.urut pengambilan STNK….abis itu agan tinggal tunggu ajah deh sampai dipanggil melalui pengeras suara & serahkan kwitansi dr kasir+no.urut buat ditukarkan dengan STNK yg sudah jadi

9.Setelah jadi STNK agan tinggal mengambil di loket plat no.sembari menunjukan stnk yg berlaku

10.Proses balik nama telah selesai & agan tinggal menunggu ganti buku BPKB agan jd dr polda terdekat sekitar 7-10 hari kemudian (area depok-bekasi-tanggerang mengambilnya di Komdak/Polda metro jaya Jakarta,are lainnya di jawa barat berarti mengambil di Polda jawa barat)….biasanya biaya ganti buku sekitar 150rb via biro jasa gan (denger2 resminya 100rb-an)…kalo yg ini ane pake biro jasa aja gan soalnya ke komdak lumayan jauh :D

Komen TS: Andai ajah semua provinsi menetapkan penggratisan balik nama,bakalan lancar nih orang bayar pajak…..karena memang sudah seharusnya orang bayar pajak itu dipermudah & dipermurah kalo perlu :D

Ini semua dilakukan dispenda jawa barat karena mulai th.2012 ini akan diberlakukan pajak progresif bagi kendaraan R2 & R4 sesuai dengan keputusan link ini:

http://dispenda.jabarprov.go.id/index.php/artikel

creativeme 15 Jan, 2012

Mr. X 15 Jan, 2012


-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/01/pajak-progresif-balik-nama-kendaraan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons